Cara Mengatasi HP Yang Terkena /Terendam Air

#Blackberryjava.com, Cara Mengatasi HP Yang Terendam Air – Suatu peristiwa nahas pasti pernah di alami oleh sebagian banyak orang termasuk salah satunya handphone rusak terkena air. Penyebabnya tidak hanya terkena air hujan saja, bisa terkena air minum, tumpahan kopi, bisa jatuh di Got, kubangan, atau bahkan jatuh di kolam renang atau di air laut. Namanya musibah memang tidak bisa di duga.

Akan tetapi ada pengalaman yang sangat berharga bagi diri saya sendiri khususnya pengalaman yang berhubungan dengan handphone yang terkena air hujan. Jika dilihat kondisinya, handphone saya 100 % full terendam air. Karena kondisi yang tidak menguntungkan dan pada saat itu di tribun stadion mau nonton bola, mau tidak mau saya pasrah melihat handphone saya yang terendam air di dalam tas.

Dengan peralatan seadanya, saya mencoba tenang dan berfikir bagaimana cara menyelamatkan handphone tersebut agar tidak mati total. Barulah terfikir bahwa saya harus mencabut baterai agar tidak terjadi yang namanya konslet dikarenakan air yang masuk kedalam perangkat handphone yang di aliri listrik dari baterai.

Sesampai dirumah, saya tidak secara langsung memasang baterai handphone saya meskipun sudah saya lap dengan kering. Saya coba gunakan pemanas seadanya yang ada di kost di antaranya adalah beras, kipas dan uap dari knalpot motor. Setelah saya panaskan dan saya rasa sudah kering, baru saya coba nyalakan. Alhamdulillah nyala dan bisa saya gunakan hingga saat ini.

Cara Memperbaiki HP Yang Terkena Air

1. Lepaskan Baterai, Memory Card, dan SIM card

Ini hal pertama yang harus sobat lakukan. Jangan mencoba untuk menghidupkan ponsel dalam keadaan basah.

Lepas baterai secepatnya untuk meminimalisir kerusakan akibat terjadinya short atau korslet setelah HP terkena air.

Sobat tahu kan kalau air dan listrik itu tidak bersahabat? Jadi jangan coba menyalakanya dulu sebelum posel benar-benar kering.

Jangan lupa lepaskan juga kartu SIM dan memory cardnya (jika ada).

2. Bongkar Bagian Dalam Ponsel
Langkah selanjutnya ini agak susah. Sobat harus bongkar ponsel yang terkena air tadi. Lepaskan semua scrup yang ada pada casing (kalau gak punya obengnya bisa pinjam atau beli).

Jika casing sudah terbuka, lepaskan juga scrup yang ada pada PCB. Pokoknya bongkar total hingga ke bagian-bagian kecil.

3. Fokus Pada LCD
Ini yang paling penting. Setelah semua terbongkar, bersihkan bagian LCDnya terlebih dahulu.

Komponen ini yang biasanya sering rusak setelah terkena air karena LCD berisi filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan terlalu lama akan muncul flek hitam pada LCD.

Itulah kenapa bagian LCD yang akan pertama rusak ketika HP terendam air.

4. Lakukan Pengeringan Total
Setelah bagian LCD kering dari air, selanjutnya keringkan bagian HP yang lain seperti PCB dengan menggunakan blower, kipas angin, atau Boleh juga dengan hair drayer.

Tapi kalau mengeringkan PCB dengan hair drayer jangan terlalu dekat dan terlalu lama karena udara panas yang dihasilkan akan merusak komponen PCB tersebut..

5. Pengeringan dengan Beras

Jika anda tidak punya hair dryer di rumah, anda bisa menempatkan ponsel anda yang terkena air di tempat /karung beras. Beras yang berada di karung mempunyai sifat yang hangat dan menyerap sehingga air yang ada di bagian dalam bisa kering dengan sendirinya.

6.Pengeringan dengan Knalpot Mesin Motor

Jika anda tidak mempunyai hair dryer dan tidak punya beras, anda bisa menggunakan knalpot mesin motor anda dengan cara dekatkan handphone anda pada lubang knalpot yang notabene mengeluarkan udara panas. dengan demikian smartphone anda akan cepat kering.

Kesimpulannya adalah, jika smartphone anda sudah terlanjut terkena air baik air kopi, air hujan, air laut, air minum, dll sebaiknya anda jangan panik dan terburu buru untuk memaksa handphone anda nyala. Pastikan semuanya benar benar kering sampai kedalam dalam perangkat smartphone anda. Karena jika belum kering dan ada rembesan air di dalam handphone anda lalu anda paksa nyalakan, sudah pasti handphone anda akan mati/konslet dikarenakan air. Sehingga semua akan berdampak lebih buruk dan bisa jadi rusak LCD nya. Jadi sebaiknya anda gunakan Tips/ Cara Mengatasi HP Yang Terendam Air yang kami berikan di atas.

Cara Mengatasi HP Yang Terkena /Terendam Air | admin | 4.5